5 Langkah Memilih Game Untuk Pembelajaran Di Kelas

Board Game Kreatoria

Membuat siswa-siswi jadi semangat belajar, membuat materi pembelajaran menjadi menarik, meningkatkan keterlibatan, dan banyak manfaat lain dari Game Based Learning ini lah yang membuat banyak pengajar ingin menggunakan game sebagai media ajar di kelas.

Apa lagi jika kita terapkan protokol Game Based Learning yang baik, pasti pembelajaran yang bermakna akan terjadi!

Untungnya sekarang sudah banyak sekali game yang tersedia untuk umum bahkan secara gratis, baik digital maupun non digital.

Berikut adalah langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan saat agar bisa memilih game yang tepat dalam kelas.

 

  • Putuskan apa yang ingin dihadirkan lewat game tersebut: Hiburan? Menyampaikan Informasi? Asesmen? Pilih game yang bisa mencapai keinginan kita ini.

 

  • Perhatikan sumberdaya teknologi yang tersedia di sekolah, dan pilihlah game yang bisa dimainkan dengan teknologi yang ada.

 

  • Perhatikan umur dan tingkat kedewasaan siswa-siswi kita, dan pilih yang yang sesuai dengan tingkat kedewasaan dan memiliki tingkat kesulitan yang juga sesuai dengan tingkat pengetahuan mereka.

 

  • Cari tahu mengenai game seperti apa yang disukai oleh (sebagian besar) murid kita. Jika kita bisa mendapatkan game yang memiliki elemen yang sama, pasti mereka akan sangat antusias bermain dan belajar.

 

  • Tentukan jumlah pemain yang akan terlibat. Apakah setiap anak bermain sendiri, atau di dalam tim? Apakah gamenya kerjasama atau kompetisi? Ingat banyak satu peran pemain dalam game bisa dimainkan oleh lebih dari satu jika mereka dikelompokkan untuk menjadi satu pemain itu.

 

Berikut adalah materi yang disampaikan oleh Head of Teacher Trainer Ludenara Aughya Shandriasti dalam diklat Belajar Asik Bersama ASDP. Materi ini sangat cocok untuk guru yang ingin memilih game yang cocok dalam kelas.

Jika ingin informasi yang lebih general tentang game seperti apa yang edukatif? Yang juga bisa digunakan oleh orang tua saat ingin bermain bersama anaknya di rumah silahkan baca artikel berikut!