Program Belajar Asyik Bersama ASDP adalah inisiatif yang sepenuhnya disupport oleh PT ASDP Indonesia Ferry ( Persero). Program ini membekali para pendidik dengan alat inovatif untuk menghadirkan pendidikan lingkungan hidup secara menarik di ruang-ruang kelas di seluruh Indonesia. Program ini selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs), dengan memanfaatkan kekuatan Game-Based Learning (GBL) untuk melibatkan siswa secara mendalam dalam topik mengenai pengelolaan sampah.
Komitmen Ludenara dan ASDP terhadap pendidikan dan keberlanjutan mendorong kami untuk menyediakan pendidikan berkualitas , memastikan setiap anak memiliki kesempatan untuk belajar dan menjadi pemimpin dalam upaya melawan perubahan iklim. Selamat datang di masa depan pendidikan—di mana belajar menjadi menyenangkan, bermakna, dan transformatif.
Program ini dibuka dengan acara Ngobrol Game! Bersama para pendidik kami berkumpul di acara Ngobrol Game spesial Ludenara ASDP sebuah kesempatan luar biasa untuk meningkatkan keterampilan mengajar Anda melalui Game-Based Learning (GBL) yang berfokus pada lingkungan. Seminar ini dirancang untuk membantu guru mengintegrasikan materi perubahan iklim ke dalam pembelajaran sehari-hari, menciptakan pengalaman belajar yang menyenangkan dan berdampak bagi siswa.
Apa yang Didapatkan?
- Referensi Gamifikasi untuk Solusi Sampah: Peserta menerima beberapa referensi dan inspirasi gamifikasi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah sampah di lingkungan belajar.
- Contoh Game Pengelolaan Sampah “Work With Waste”: Peserta mendapat gambaran yang jelas tentang bagaimana game “Work With Waste” bisa digunakan di kelas sebagai alat edukatif untuk pengelolaan sampah. Sebagai inspirasi untuk peserta yang ingin mendesain GBL pengelolaan sampah
- Sertifikasi: Setelah seminar, peserta menerima sertifikat resmi sebagai pengakuan atas partisipasi dan ilmu yang diperoleh dalam menggunakan GBL untuk pengelolaan lingkungan.
Seleksi Training of Facilitators
Proses seleksi ini menjadi tantangan besar bagi kami karena kami menerima banyak sekali aplikasi berkualitas tinggi dari guru dan pendidik hebat di seluruh Cilegon dan sekitarnya.
Setelah melalui penilaian yang cermat, akhirnya kami memilih 20 peserta yang akan mengikuti workshop intensif pada 24-25 Oktober 2024 di Cilegon. Kami sangat bersemangat untuk memulai perjalanan ini bersama mereka dan melihat bagaimana program ini akan menginspirasi perubahan positif di sekolah dan komunitas mereka.
Program ini Selaras Dengan SDGs
SDG 3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera
Program ini berkontribusi pada peningkatan kesehatan masyarakat dengan mengajarkan siswa pengelolaan limbah yang benar, yang mengurangi risiko kesehatan terkait dengan penanganan sampah yang buruk. Dengan meningkatkan kesadaran akan limbah dan polusi, program ini membantu menciptakan lingkungan yang lebih sehat untuk semua.
SDG 4: Pendidikan Berkualitas
Program ini memberdayakan guru dengan strategi pembelajaran berbasis permainan yang inovatif, meningkatkan keterlibatan siswa dan kualitas pembelajaran. Dengan menggabungkan materi lingkungan ke dalam kurikulum, Ludenara & ASDP memastikan pendidikan yang lebih relevan, kontekstual, dan menarik bagi siswa.
SDG 6: Air Bersih dan Sanitasi
Melalui game berbasis lingkungan, program ini mengajarkan siswa tentang pengelolaan limbah yang tepat, yang pada gilirannya membantu melindungi kualitas air dan sanitasi. Dengan mengurangi pencemaran dari sampah, program ini secara tidak langsung mendukung target SDG 6 untuk menjaga kebersihan air dan mengurangi pembuangan limbah berbahaya.
SDG 11: Kota dan Komunitas yang Berkelanjutan
Program ini membantu mengurangi dampak buruk sampah di lingkungan kota dengan mengajarkan siswa tentang pengelolaan sampah melalui game “Work With Waste” (WWW). Dengan mempromosikan pengelolaan sampah yang lebih baik di sekolah, program ini mendukung penciptaan komunitas yang lebih bersih dan berkelanjutan.
SDG 12: Konsumsi dan Produksi yang Bertanggung Jawab
Ludenara & ASDP mengajarkan siswa cara mengurangi, menggunakan kembali, dan mendaur ulang sampah dengan cara yang interaktif dan menyenangkan. Program ini memupuk pola pikir konsumsi yang bertanggung jawab sejak dini, yang berdampak langsung pada pengurangan limbah dan peningkatan kesadaran akan pentingnya daur ulang.
SDG 13: Aksi Iklim
Melalui integrasi materi perubahan iklim dalam game “Work With Waste,” program ini mengedukasi siswa tentang dampak perilaku manusia terhadap lingkungan. Program ini menumbuhkan kesadaran iklim dan mendorong tindakan nyata dalam mitigasi perubahan iklim melalui perilaku ramah lingkungan.
Artikel Program Belajar Asyik Bersama ASDP 2024
Siswa Jadi Pahlawan Lingkungan! Begini Dampak Program Belajar Asyik Bersama ASDP 2024
Apa Itu Program Belajar Asyik Bersama ASDP 2024? Program “Belajar Asyik Bersama ASDP 2024” adalah inisiatif CSR dari PT. ASDP Indonesia Ferry yang berkolaborasi dengan…
Read MoreGuru Bangkit! Begini Cara Program Belajar Asyik Bersama ASDP 2024 Mengubah Cara Mengajar Tentang Sampah
Apa itu Program Belajar Asyik Bersama ASDP 2024? Program “Belajar Asyik Bersama ASDP 2024” adalah inisiatif Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. ASDP Indonesia Ferry,…
Read MoreHasil Pelatihan Work With Waste: Meningkatkan Kepercayaan Diri dan Keterampilan Guru dalam Pengelolaan Sampah
Program Training of Trainers Work With Waste Belajar Asyik Bersama ASDP yang diselenggarakan oleh Ludenara dengan dukungan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) telah selesai dilaksanakan…
Read MoreTraining of Trainers Work With Waste: Praktik Fasilitasi dan Perencanaan Implementasi pada Hari Kedua
Hari kedua Training of Trainers Work With Waste Belajar Asyik Bersama ASDP yang diadakan oleh Ludenara dengan dukungan PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) pada 25…
Read MoreTraining of Trainers Work With Waste: Hari Pertama Menggali Potensi Game-Based Learning untuk Pengelolaan Sampah
Pada tanggal 24 Oktober 2024, Training of Trainers Work With Waste Belajar Asyik Bersama ASDP resmi dimulai di Cilegon, Banten. Pelatihan yang diselenggarakan oleh Ludenara…
Read MorePembukaan Belajar Asyik bersama ASDP: Mengintegrasikan Game-Based Learning untuk Pendidikan Lingkungan di Cilegon
Pada tanggal 7 Oktober 2024, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyelenggarakan Belajar Asyik bersama ASDP, sebuah seminar edukatif di Cilegon, Banten, yang bertujuan meningkatkan keterampilan…
Read MoreMengubah Masa Depan Lingkungan Melalui Pembelajaran: Program Belajar Asyik Bersama ASDP
Indonesia menghadapi tantangan besar dalam pengelolaan sampah. Setiap tahunnya, negara ini menghasilkan lebih dari 64 juta ton sampah, sebuah jumlah yang kian membebani tempat pembuangan…
Read More