Festival Nusantara Bermain Bermakna, Panggung Guru-guru Terbaik Praktisi Game-based Learning

Festival Nusantara Bermain Bermakna yang dilaksanakan Ludere Nusantara (Ludenara) di HARRIS Hotel Sentraland Kota Semarang

Semarang, Indonesia – Festival Nusantara Bermain Bermakna telah sukses digelar pada tanggal 5 Mei 2023 dengan melibatkan 12 guru terbaik dari Bogor, Bandung, Pekalongan, Semarang, Malang, dan Lombok Utara.

Festival ini merupakan hasil dari program dua tahun yang bertujuan untuk memperkenalkan penggunaan game edukasi sebagai alat pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna di kelas.

Festival Nusantara Bermain Bermakna menjadi ajang bagi para guru untuk memamerkan game edukasi yang telah mereka rancang dan implementasikan dengan baik di kelas.

Para guru yang telah diakui sebagai “Champions” dalam program ini, tidak hanya mempresentasikan game mereka, tetapi juga berbagi pengalaman serta kesuksesan mereka dalam mengajar menggunakan game.

Para pengunjung festival juga mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi dengan para guru, bertukar pengalaman, dan mendiskusikan manfaat serta tantangan dalam menggunakan game sebagai alat pembelajaran.

Beberapa figur penting dalam dunia game-based learning juga memberikan kata sambutan dalam festival ini. Scot Osterweil, seorang Ilmuwan Peneliti dan Konsultan Kreatif dari MIT Education Arcade, Profesor Daniel Fung, CEO Institute of Mental Health Singapura, Kanty Kusumayanti, seorang CFO dari Kummara dan Ketua Yayasan Ludenara, dan juga Kadin Perempuan dan Anak, Ibu Retno Sadewi sebagai perwakilan dari Gubernur Jawa Tengah, Bapak Ganjar Pranowo.

Selama festival, terlihat jelas betapa game edukasi mampu meningkatkan minat dan motivasi siswa dalam belajar. Para siswa terlibat aktif dalam proses pembelajaran, dengan antusiasme yang tinggi dan suasana kelas yang penuh semangat. Game edukasi juga terbukti mampu mengembangkan keterampilan kritis, kreativitas, dan kolaborasi di antara siswa.

Kami berharap bahwa festival ini dapat menjadi pemicu bagi perkembangan pendidikan di Indonesia. Dengan melibatkan lebih banyak guru dan pendidik, serta mendukung penggunaan game edukasi yang tepat, kita dapat menciptakan proses pembelajaran yang lebih menyenangkan, interaktif, dan bermakna bagi para siswa.

Terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam kesuksesan Festival Nusantara Bermain Bermakna. Dukungan dan semangat yang diberikan oleh guru, siswa, ahli pendidikan, dan pengembang game telah membuat festival ini menjadi sebuah peristiwa yang berkesan dan berarti bagi dunia pendidikan di Indonesia.

Mari terus berinovasi dan bekerja sama untuk menciptakan pendidikan yang lebih baik melalui game edukasi. Bersama, kita dapat meraih masa depan yang lebih cerah untuk generasi penerus bangsa.