Wah banyak ya yang pengen belajar tentang gamification, dengan lebih dari 40 peserta #ngobrolgame WhatsApp Ludenara makin seru aja nih! Kali ini narasumber kita adalah Bapak Edi seorang kepala sekolah Sekolah SDI Kreatif Anak Sholeh Sidoarjo yang telah berhasil menciptakan budaya bermain yang penuh dengan manfaat!
Iya budaya bermain ini terlihat sangat baik karena dengan ini para guru dan murid selalu semangat untuk belajar, berkompetisi dengan sehat dan terus berkembang. Dari liga matematika yang tidak kalah seru sama liga bola, dan event-event seru lainnya untuk melatih kompetensi lainnya seperti bahasa Inggris, keislaman, robotik, olahraga, dan beberapa lainnya.
Sepertinya memang Bapak Edi lah yang sangat cocok untuk jadi narasumber gamification, nah kalau mau tau lebih banyak lagi, sekolah Pak Edi punya YouTube Channel lho (SDIK Mutiara Anak Sholeh).
Sama dengan #ngobrolgame sebelumnya, untuk membahas topik gasification kita bagi menjadi 3 segmen. Pertama dengan membahas apa itu gamification? Di segmen ini Mas Eko membagikan berbagai macam teori, bukti ilmiah, dan contoh gamification. Materi ini bisa di akses disini:
- Penerapan, Contoh, dan Manfaat Gamifikasi (artikel ludenara): https://bit.ly/120520-3
- Play as you learn: gamification as a technique for motivating learners (paper): https://bit.ly/kulwap120520-1
- Gamification of education and learning: A review of empirical literature: https://bit.ly/kulwap120520-2
Setelah itu di semgen 2 mengenai semua potensi gamification. Pak Edi bercerita tentang semua pengalaman-pengalaman yang seru dan manfaat penerapan gamification di sekolahnya.Selain itu Pak Edi juga membagikan wawasan beliau mengenai pendidikan seperti karakteristik siswa “jaman now”, tantangan yang dihadapi sekolah sekarang, kunci-kunci kebangiktan belajar dan wawasan-wawasan lainnya yang tentunya sangat bermanfaat.
Segmen 3 menyinggung elemen yang paling penting di gamification, yaitu feedback & reward system. Aspek ini sangatlah krusial, penggunaan yang salah malah akan memunculkan hal-hal negatif seperti rasa iri, kompetisi yang tidak sehat, motivasi yang berkurang dan hal-hal lain yang bisa merugikan proses pembelajaran. Namun jika digunakan dengan baik akan menunjukan bahwa gamification bisa membuat seluruh proses belajar lebih baik. Di sini pula banyak pertanaan yang muncul untuk para narasumber kita. Pembahasan mengenai feedback & reward tentunya tidak bisa di rangkum di 1 artikel, dan banyak sekali materi gratis online mengenai ini. Dari guru-guru yang sharing pengalaman mereka, teori-teori landasan tentang pendidikan dan reward system, dan juga penelitian-penelitian lainnya.
Berikut adalah beberapa materi yang kita rekomendasikan:
Professor of psychology sharing pengalaman dia menggunakan gamification dan games untuk mengajar di kelasnya
https://www.boardgamingwitheducation.com/tuesday-knight-games/
Meta-analysis tentang gamification yang mereview lebih dari 30 penelitian
https://link.springer.com/article/10.1007/s10648-019-09498-w
Nah untuk yang tidak sempat ikut #ngoborlgame ini, jangan khawatir. Nanti di tanggal 26 Mei ada lagi, so stay tuned!