Pembukaan Belajar Asyik bersama ASDP: Mengintegrasikan Game-Based Learning untuk Pendidikan Lingkungan di Cilegon


Pada tanggal 7 Oktober 2024, PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyelenggarakan Belajar Asyik bersama ASDP, sebuah seminar edukatif di Cilegon, Banten, yang bertujuan meningkatkan keterampilan mengajar para pendidik melalui pendekatan Game-Based Learning (GBL). Melalui kolaborasi dengan berbagai ahli pendidikan, program ini dirancang khusus untuk membantu guru mengintegrasikan pendidikan lingkungan, terutama dalam pengelolaan sampah, ke dalam kurikulum sekolah. Acara ini dihadiri oleh 88 guru yang antusias untuk mengembangkan metode pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna bagi siswa.

Inovasi Game-Based Learning untuk Pendidikan Lingkungan

Dalam acara ini, peserta diperkenalkan pada berbagai pendekatan gamifikasi yang relevan dengan isu lingkungan hidup, terutama dalam pengelolaan sampah. Salah satu materi unggulan adalah pengenalan permainan edukatif “Work With Waste,” yang dirancang untuk membantu guru mengajarkan konsep pengelolaan sampah secara efektif dan menyenangkan di kelas. Melalui permainan ini, siswa diharapkan tidak hanya memahami pentingnya menjaga lingkungan tetapi juga termotivasi untuk terlibat aktif dalam aksi nyata.

Dampak Positif dan Kepuasan Peserta

Setelah seminar, PT ASDP mengadakan survei untuk mengukur tingkat kepuasan dan manfaat yang dirasakan oleh peserta. Hasil survei menunjukkan bahwa:

  • 62,3% peserta merasa sangat puas dengan penyampaian materi, sementara 31,2% merasa puas.
  • 70,1% peserta merasa seminar ini sangat bermanfaat, sementara 27,3% merasa bermanfaat.

Dengan respons positif ini, dapat disimpulkan bahwa acara ini berhasil memperkenalkan Game-Based Learning sebagai solusi efektif dalam pendidikan lingkungan. Peserta juga mengapresiasi relevansi materi seminar dengan tantangan nyata, seperti masalah pengelolaan sampah yang sering dihadapi oleh siswa dalam kehidupan sehari-hari.

Insight Mendalam dari Peserta: Mengapa GBL Efektif dalam Mengajar?

Melalui survei kualitatif, para pendidik menyoroti beberapa aspek yang mereka sukai dan anggap bermanfaat dalam acara ini:

  1. Inovasi dalam Pembelajaran – Banyak peserta menyatakan bahwa penggunaan game untuk mengatasi masalah nyata seperti pengelolaan sampah memberikan wawasan baru dan inspirasi untuk diterapkan di kelas.
  2. Relevansi Materi dengan Isu Lingkungan – Peserta mengapresiasi bagaimana materi seminar memfasilitasi pemahaman siswa terhadap isu lingkungan, khususnya pengelolaan sampah.
  3. Interaksi dan Kolaborasi – Para guru menikmati kesempatan untuk berinteraksi dengan sesama pendidik dan berbagi pengalaman serta ide dalam menerapkan GBL.

Selain itu, tema besar lain yang muncul adalah praktikalitas dan penerapan langsung dari materi yang diberikan. Peserta menyatakan bahwa melalui GBL, siswa lebih terlibat dan termotivasi untuk mempraktikkan apa yang mereka pelajari, meningkatkan potensi perubahan perilaku jangka panjang terkait isu lingkungan.

Peluang Baru bagi Pendidikan Indonesia melalui Game-Based Learning

Seminar ini tidak hanya meningkatkan kompetensi pedagogis para pendidik, tetapi juga mendukung visi ASDP untuk mendorong keberlanjutan lingkungan. Melalui program ini, ASDP dan para pendidik berkomitmen untuk membawa perubahan positif di sekolah, yang selaras dengan Sustainable Development Goals (SDGs) terutama dalam bidang pendidikan berkualitas dan perlindungan lingkungan.

Semoga kolaborasi ini dapat menjadi inspirasi bagi banyak pihak di Indonesia untuk mengadopsi metode Game-Based Learning dalam mengajarkan isu-isu krusial lainnya. Dengan pendekatan inovatif seperti ini, diharapkan pendidikan di Indonesia tidak hanya menjadi lebih menyenangkan tetapi juga berdampak nyata bagi masa depan yang lebih hijau.

Dokumentasi dan Informasi Lebih Lanjut

Untuk melihat dokumentasi lengkap dari acara ini, kunjungi rekaman seminar di YouTube. Mari bersama-sama mendukung langkah besar ini untuk pendidikan yang lebih berkelanjutan!

Setelah ini para peserta alumni Belajar Asyik Bersama ASDP 2022 bisa mendaftarkan diri untuk ikut seleksi Training of Trainers. Seleksi ini akan dilakukan melalui survei dan interivew online untuk mencari pesrta yang berdedikasi dan termotivasi untuk mengikuti Training of Trainers.