AKATARA, game untuk menggali potensi energy terbarukan

HIVOS dan Kummara mengadakan sebuah proyek perintis mengenai energy terbarukan. Mereka mengimplementasikan metoda game-based learning untuk mengenalkan dan mendorong kesadaran masyarakat tentang energi terbarukan. Akatara game untuk menggali potensi energy terbarukan. Boardgame Akatara digunakan sebagai media belajar dalam proyek ini.

Proyek perintis ini diimplementasikan di pulau Sumba pada bulan Mei 2018 lalu. Program dibagi menjadi 2 tahap. Tahap pertama adalah pelatihan untuk para guru (sebagai facilitator belajar). Tahap kedua adalah implementasi metoda belajar langsung untuk siswa-siswa sekolah dasar dan menengah pertama. Peserta yang terlibat sebanyak 20 guru dan 50 siswa dari berbagai sekolah.

Akatara game untuk menggali potensi energy terbarukan

Akatara, boardgame yang didesign oleh Kummara dan HIVOS, memiliki arti “energi” dari bahasa Sanskerta. Permainan papan ini dapat dimainkan oleh berbagai usia. Permainan ini membangun kesadaran masyarakat tentang energy terbarukan dengan cara yang menyenangkan. Melalui proses bermain Akatara, ide dan gagasan untuk energi terbarukan dapat dibangun dengan dampak positif.

Proyek perintis yang melibatkan metoda game-based learning ini didanai oleh Australia Global Alumni dan HIVOS. Akatara sendiri didesain dan diproduksi oleh Kummara dan HIVOS.

(diterjemahkan dan disadur dari Discover the Potential of Renewable Energy with AKATARA, by Aughya, Kummara.com, http://kummara.com/article/discover-the-potential-of-renewable-energy-with-akatara)