Jerman adalah Kiblat Industri Board Game Dunia

Jerman merupakan salah satu negara adidaya di dunia. Negara dengan sejarah penemuan yang panjang dari berbagai bidang. Kemajuan teknologi dan industri yang diprakarsai negara ini menjadi salah satu yang terdepan. Dalam bidang edukasi, Jerman adalah pencetus Kindergarten di awal abad 19. Ini adalah sebuah system pendidikan pra-sekolah berbasis bermain, bernyanyi dan aktifitas praktis seperti menggambar dan interaksi sosial. Sistem ini kemudian diadaptasi oleh banyak negara di dunia dengan menggunakan nama yang sama. Namun mungkin banyak dari kita yang belum tahu bahwa, Jerman adalah kiblat industri board game dunia.

Mengapa Jerman dapat menjadi salah satu pusat penemuan dan perkembangan yang berperan besar di dunia? Apa yang dapat membuat mereka dapat menjadi sehebat itu? Banyak faktor yang tentunya berperan dalam perkembangan satu negara dimana masyarakatnya menjadi penemu-penemu besar. Salah satu yang dapat kita soroti adalah faktor perilaku sosial, mereka suka bermain board game dan mencintainya cukup besar.

Apa peran game dalam kemajuan jaman?

Penulis ilmiah Steven Johnson menyimpulkan bahwa, salah satu pendorong perkembangan jaman di sejarah dunia adalah kesenangan manusia untuk bermain. Lewat buku karangannya Wonderland: How Play Made the Modern World, ia memberi argumen bahwa saat kita diajarkan sejarah di sekolah atau kampus, kita di beritahu bahwa pendukung utama kemajuan sejarah adalah faktor-faktor seperti nasionalisme, religius, serta penemuan ilmiah. Meski benar, tapi ada faktor yang sering kali kita lupakan, yakni keinginan manusia untuk mencari kesenangan.

Dia berkata bahwa, manusia mengejar hal-hal yang mengasyikan tanpa berfikir ke mana mereka akan terbawa. Di sebuah interview dia juga menganjurkan anak-anak untuk merancang board game-nya sendiri. Dengan membuat board game, anak-anak akan merancang konsep, lalu mereka membuat prediksi. Lalu mereka harus mengetes atau mencoba memainkannya dan mereka akan mengetahui kesalahan dari rancangan mereka. Kesalahan tersebut kemudian mereka revisi dan seterusnya sampai mereka menghasilkan konsep board game yang baik.

Menurut Steve, itu adalah awal yang baik untuk mengajarkan mereka metode ilmiah. Juga termasuk level berpikir yang sangat tinggi bagi anak-anak. Menariknya, mereka tanpa sadar menggarap metode ilmiah itu dengan riang dan bersenang-senang saat mengerjakannya. Mereka tidak memiliki beban atau merasakan tuntutan yang berat.

Jerman adalah Kiblat Industri Board Game Dunia

Warga Jerman menganggap bermain boardgame setara dengan quality time yang mampu mengangkat family values mereka. Artinya, menghabiskan waktu bersama keluarga dengan bermain board game di pandang sebagai hal yang sangat baik. Fakta menunjukkan bahwa masyarakat Jerman membeli board game lebih banyak dibandingkan negara-negara lain. Board game sering sekali digunakan untuk hadiah di hari-hari istimewa sepanjang tahun, seperti ulang tahun dan hari raya mereka. Hal ini membuktikan bahwa, board game sudah menjadi bagian penting dari budaya mereka, yang membuat mereka seperti sekarang ini.

Wajar saja, kini disebut-sebut Jerman adalah kiblat industri board game di dunia.

(disadur dari “Jerman, Fakta Di Balik Negara yang Menjadi Kiblat Industri Board Game Dunia”, oleh Isa R Akbar, riset oleh Sadida Satri, Boardgame.id, http://boardgame.id/fakta-jerman-kiblat-board-game-dunia/)