Let’s visit the mythical village of Werewolves, Game yang Terbaik untuk pembelajaran Bahasa Inggris!

Image by Dieter_G from Pixabay

Ini dia game buat guru-guru bahasa Inggris yang wajib di coba! Pasti anak-anak jago bahasa Inggris kalau main game ini terus. Game ini adalah Werewolves (Juga terkenal dengan Mafia), sebuah game deduksi sosial yang diciptakan oleh seorang psikolog dari Moscow State University, Dimitry Davidoff di tahun 1986. 

Untuk sepenuh nya menunjukan, kenapa game ini sangat baik untuk belajar bahasa baru, pertama yang kita harus bahas adalah manfaat Game Based Learning untuk belajar bahasa baru. Sudah banyak (lebih dari 12) penelitian yang menunjukkan bukti empiris yang signifikan dari hasil pedagogi Game Based Learning (Connolly, 2012). dan ada ada satu penelitian khusus yang membahas keunggulan Game Based Learning untuk mengajar Bahasa Inggris. Ada lima keunggulan utama dirincikan di penelitian ini;

  1. Student centered 

Belajar bahasa baru membutuhkan keterlibatan yang aktif dari siswa-siswi. Dimana mereka bisa berdiskusi, dan berkontribusi di dalam proses pembelajaran. Ini lah pembelajaran autentik, yang menurut Paulo Freire. Pelajaran autentik bukan lah sebuah deposit ilmu dari pengajar kepada siswa, tapi ilmu muncul dari sebuah dialog antara keduanya.(Freire, 1996) 

2. Engagement and motivation

Salah satu tantangan mengajarkan bahasa baru adalah kurangnya ketertarikan siswa terhadap materi pembelajaran. Untuk memastikan pembelajaran yang efektif kita harus memastikan perhatian siswa-siswi terus di arahkan kepada materi pembelajaran. Games memiliki fitur yang menarik imajinasi mereka, memastikan mereka terus engaged dengan materi pembelajaran. Tantangan di games berkorelasi dengan motivasi intrinsik, yang membina kompetensi siswa-siswi. (R. W. White, 1995)

3. Creativity

Games mendorong pemain untuk mencari solusi-solusi baru, think outside the box, membebaskan mereka untuk gagal, dan hal-hal lain yang membina kreatifitas

4. Empathy and Social Skill

Ruang kelas yang penuh interaksi seperti, saling membantu, dan bersaing dengan sehat adalah Kunci untuk pembelajaran bahasa baru.

5. Cost-effective

Ini lah yang dibutuhkan para guru-guru di Indonesia. Media-media pembelajaran yang mudah diakses dan tidak mengeluarkan biaya yang besar. Banyak sekali tipe games yang tidak membutuhkan biaya sama sekali, guru dan pelajar juga bisa mencoba mendesain game sendiri dengan bahan yang ada.

 

Image by Adryanah from Pixabay

Lalu apa yang spesial dari game Werewolves ini? Mengapa game ini sangat baik untuk mengajarkan bahasa Inggris. Ada podcast dari boardgamingwitheducation.com yang membahas secara detail cara menggunakan game ini untuk mengajarkan bahasa Inggris. Mulai dari kosakata, kalimat dan ungkapan yang akan sering digunakan, hingga grammar yang baik dan detail lainnya. 

Lalu dari fitur game nya sendiri, ada beberapa hal penting yang bisa membuat game ini menjadi game terbaik belajar bahasa.

 

Werewolves mengharuskan pemain untuk berbicara, setiap pemain akan berdiskusi, mengeluarkan opini mereka akan siapa werewolf nya, atau memberi argumen saat dituduh sebagai werewolf.

Listening merupakan hal yang sangat dipentingkan di game ini. Untuk menang pemain harus bisa mencari siapa para werewolf, karena itu mereka harus mendengarkan dan mengamati dengan baik, cari tahu siapa yang bertindak mencurigakan, terlalu banyak bicara, tidak cukup banyak bicara, menuduh pemain lain dengan tuduhan yang tidak dapat dibenarkan, memberikan argumen yang tidak masuk akal ketika dituduh, dan sebagainya.

 

Selain itu ada lagi hal yang membuat game ini sangat unggul dibandingkan game lainnya. Game ini tidak membutuhkan peralatan, teknologi, fasilitas, atau biaya apapun. Game ini biasanya dimainkan dengan kartu, dimana setiap kartu tertulis peran setiap pemain. Jika ingin sangat cost-efficient peran pemain bisa di tulis di selembar kertas bekas. Dan dengan itu, seluruh manfaat Game Based Learning dan game werewolf bisa dinikmati.

 

Sumber:

Connolly, T. M., Boyle, E. A., Macarthur, E., Hainey, T., & Boyle, J. M. (2012). A systematic literature review of empirical evidence on computer games and serious games. Computers & Education, 59(2), 661–686. doi: 10.1016/j.compedu.2012.03.004

Ghazal, S., & Singh, S. (2016). Game-Based Language Learning: Activities for ESL Classes with Limited Access to Technology. ELT Voices- International Journal for Teachers of English, 6(4).

 

Untuk podcast bisa di akses di https://www.boardgamingwitheducation.com/werewolf-001/