Kreatoria, Merdeka Belajar Dengan Bermain Game!

Kreatoria by Brendan Satria

Merdeka Belajar yang telah digagaskan oleh Mas Menteri Nadiem melahirkan program-program di mana guru bisa bereksperimen dengan metode pembelajaran mereka agar bisa menemukan yang bisa membuat siswa-siswi semangat dan senang belajar. Dari motivasi untuk terus belajar inilah siswa-siswi kita bisa belajar dengan lebih efektif dan kualitas pendidikan kita bisa meningkat.

Seperti yang disimpulkan dengan baik oleh Kepala Biro Komonikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud Ade Erlangga “Jadi ini yang menjadi sangat penting, sangat concern karena Pak Nadiem atau kita dari Kemendikbud Ristek ingin menciptakan suasana belajar di sekolah adalah suasana yang happy. Makanya tag-nya merdeka belajar.” (14/12/2019).

Nah, jika ingin menghadirkan suasana belajar yang menyenangkan cara yang paling gampang adalah menggunakan games, agar siswa-siswi bisa bermain dan tanpa mereka sadari mereka mengalami proses pembelajaran yang dalam dan bermakna. Setelah seleksi ketat dari Kemendikbudristek Ludenara pun berkesempatan mengajak 240 guru untuk bereksperimen dengan metode Game Based Learning untuk menyampaikan materi pembelajaran sebagai bagian dari program organisasi penggerak Merdeka Belajar.

Karena guru-guru peserta memiliki kebutuhan mengajar yang berbeda-beda, tim designer Ludenara merancang sebuah game sederhana yang bisa dengan mudah diubah konten pembelajaran sesuai kebutuhan guru. Game ini dinamakan Kreatoria, di mana siswa-siswi yang memainkan ini berperan sebagai konten kreator yang harus merancang konten sesuai dengan instruksi guru yang dalam permainannya berbentuk kartu topik yang siswa-siswi harus pilih.

Kreatoria membuat suasana belajar menjadi menyenangkan dan memotivasi siswa-siswi belajar, hal ini terbukti setelah tim Ludenara mengadakan test play bersama beberapa siswa-siswi SMP. Bukan hal yang mengagetkan karena dalam literatur ilmiah Game Based Learning telah berkali-kali terbukti efektif meningkatkan motivasi belajar (Plass et al., 2015). Selain memotivasi Kreatoria juga membuat proses pembelajaran lebih mudah.

Cara memainkan game seperti ini sangat sesuai dengan teori pembelajaran Constructivism (Amineh & Asl, 2015) dan karena itu, game ini memudahkan siswa-siswi memahami materi dan konsep pembelajaran yang baru dan memperkuat pemahaman mereka mengenai hal-hal yang sudah dimengerti sebelumnya.

Dalam teori ini kita dijelaskan bahwa proses pembelajaran terjadi saat belajar berhasil membangun ilmu baru dengan menggunakan dan dihubungkan dengan ilmu yang dimiliki sebelumnya.

Dalam game ini siswa-siswi diberikan kartu-kartu kata kunci yang bisa disesuaikan dengan materi pembelajaran, lalu mereka harus merancang ide konten video sesuai dengan topik yang diinginkan guru dengan menggunakan kartu kata kunci yang ada.  Dengan pola permainan ini siswa-siswi diajak untuk menggunakan kata-kata kunci yang mereka sudah pahami untuk digabungkan dengan kata-kata kunci yang lain, proses ini membantu mereka menghubungkan ilm-ilmu yang mereka pahami.

Constructivism juga menjelaskan bahwa proses pembelajaran terjadi dalam kondisi sosial, seperti saat pelajar berbagai mengenai pemahaman mereka dengan pelajar lain, saat mereka mengobservasi pelajar lain, dan saat mereka berkolaborasi. 

Dalam game ini siswa-siswi yang sudah berhasil memenuhi kotak topik dengan kata kunci bisa mempresentasikan ide videonya kepada teman-teman di kelas, lalu teman-teman lainnya bisa memberi likes kepada video yang paling menarik, paling detail, dan paling sesuai materi pembelajaran.

Proses ini mendorong terjadinya pembelajarn secara sosial, di mana siswa-siswi bias mempelajari materi pembelajaran dari ide video teman-temannya, dan melihat bagaimana materi-materi pembelajaran ini saling terhubung.

Dengan game ini kami harap banyak hal baik yang bisa dihasilkan, semoga bisa memudahkan bapak dan ibu guru mengajar, dan membuat materi pembelajaran lebih mudah dipahami dan belajar menjadi menyenangkan!

 

Sumber:

Amineh, R. J., & Asl, H. D. (2015). Review of constructivism and social constructivism. Journal of Social Sciences, Literature and Languages, 1(1), 9-16.

Plass, J. L., Homer, B. D., & Kinzer, C. K. (2015). Foundations of game-based learning. Educational Psychologist, 50(4), 258-283.