Bermain Sangat Penting Untuk Kesehatan Mental, Ini Alasan di Baliknya

Illustration by BlueWillow

Kesehatan mental anak-anak di Indonesia adalah isu yang harus lebih banyak mendapatkan atensi, karena peningkatan masalah kesehatan mental pada anak muda di negara ini.

Data di tahun 2021 menunjukan bahwa di pulau Jawa, ada peningkatan 22% pada gangguan depresi dan 18% pada gangguan kecemasan para siswa-siswi usia 11-15 (Brooks et al., 2021).

Bukan hanya cemas, gangguan mental ini bahkan menimbulkan keinginan bunuh diri. Sebuah studi oleh WHO yang dilakukan pada tahun 2019 menemukan bahwa di antara remaja Indonesia, keinginan untuk bunuh diri yang berlangsung lebih dari 12 mencapai 6,8%.

Sepertinya hal ini juga bukan masalah mental sesaat yang akan hilang begitu saja, karena data kesehatan mental untuk mahasiswa di Indonesia lebih buruk dari itu, yaitu 37-53% mahasiswa melaporkan gejala stres tinggi, 25% mengalami depresi, dan 51% mengalami kecemasan (Kotera et al., 2022).

Kami yakin banyak diantara orang tua dan guru yang sangat peduli dengan hal ini.

Lalu apa yang bisa kita lakukan, apalagi sebagian besar dari kita pasti tidak terdidik mengenai kesehatan mental, untuk bisa menanganinya.

Untungnya solusinya tidak terlalu kompleks, salah satu advisor kami di Ludenara adalah Profesor Daniel Fung, CEO Mental Health Institute Singapore dan seorang psikiater anak.

Daniel Fung sering kali memberi kami saran dan motivasi untuk terus mendorong game-based learning dalam sekolahan karena hal ini, karena game-based learning lah salah satu solusi dari kesehatan mental di sekolah. Daniel juga menyampaikan hal ini dalam opening speech nya di Festival NBB

Dan kunci mengapa game-based learning sangat efektif adalah adalah BERMAIN, iya jadi yang paling penting sebenarnya bermain, dan game-based learning adalah cara menginkorporasikan bermain dalam aktivitas akademis.

Lalu mengapa bermain bisa sangat efektif dalam mengatasi isu kesehatan mental, nah berikut adalah mekanisme dibaliknya (Nijhof et., 2018).

Meningkatkan Perasaan Positif

Bermain juga dapat membantu mengurangi stres dan kecemasan, yang mengarah pada pandangan hidup yang lebih positif.

Mengembangkan Mekanisme Koping

Saat bermain tampa struktur, anak-anaka belajar cara bermain bersama-sama, menghadapi konflik, meningkatkan kemampuan meregulasi diri dan mengembangkan empati untuk teman-temannya.

Meningkatkan Kemampuan Beradaptasi

Bermain dapat membantu anak-anak belajar bagaimana mengatasi stres dan mengembangkan keterampilan memecahkan masalah, yang dapat diterapkan pada area lain dalam kehidupan mereka.

Memberikan Ruang Aman untuk Berekspresi

Bermain memberikan ruang yang aman bagi anak-anak untuk mengungkapkan pikiran dan perasaan mereka yang mungkin sulit untuk dikomunikasikan dalam situasi lain.

Mempromosikan Penerimaan Sosial

Bermain ketika dilakukan dalam kelompok atau tim, dapat meningkatkan penerimaan sosial yang dirasakan dan dapat memberikan remaja kesempatan untuk terikat dengan teman sebayanya dan merasa terhubung, yang semuanya dapat mempengaruhi kesehatan mental secara positif.

Referensi:

Brooks, H., Syarif, A. K., Pedley, R., Irmansyah, I., Prawira, B., Lovell, K., … & Bee, P. (2021). Improving mental health literacy among young people aged 11–15 years in Java, Indonesia: the co-development of a culturally-appropriate, user-centred resource (The IMPeTUs Intervention). Child and Adolescent Psychiatry and Mental Health, 15, 1-18.

World Health Organization. (2021). Global tuberculosis report 2021. https://www.who.int/publications/i/item/9789290225737

Kotera, Y., Lieu, J., Kirkman, A., Barnes, K., Liu, G. H., Jackson, J., … & Riswani, R. (2022, August). Mental Wellbeing of Indonesian Students: Mean Comparison with UK Students and Relationships with Self-Compassion and Academic Engagement. In Healthcare (Vol. 10, No. 8, p. 1439). MDPI.

Nijhof, S. L., Vinkers, C. H., van Geelen, S. M., Duijff, S. N., Achterberg, E. M., Van Der Net, J., … & Lesscher, H. M. (2018). Healthy play, better coping: The importance of play for the development of children in health and disease. Neuroscience & Biobehavioral Reviews, 95, 421-429.