Boardgaming with Education, Podcast keren buat Guru-guru!

Ini recommended banget buat guru-guru dan juga para pendidik lainnya! Apa lagi yang lebih suka mendengarkan dibanding membaca.

Podcast ini membahas semua tentang boardgame dan pendidikan di kelas.

Mereka juga sering sekali berbagi materi game based learning dan tips-tips implementasi game di kelas. 

 

Banyak lho bahasan yang seru. Contoh nya tamu di Episode terbaru ini adalah Rodger Moore, seorang expert di bidang Game based learning, dan guru yang telah mengajar lebih dari 25 tahun. Di sini dia berbagi pengalaman mengajar sains dengan card, digital dan board games. 

Banyak juga wawasan dia yang bermanfaat meskipun tidak mengajar dengan games.

 

Awalnya Rodger Moore tidak langsung terjun ke pada GBL di kelas, karena di guru sains dia sering mereview games mengenai topik pembelajaran itu di kelas. Mereka membahas kenapa game itu seru, dan beberapa hal yang bisa di pelajari di game itu. Baru setelah dia melihat reaksi positif di kelas dia mulai aktif menggunakan game di kelas.

 

Dia melihat banyak nilai dari memainkan berbagai macam games digital, karena mereka menyediakan konten yang banyak, dan juga pengalaman langsung berinteraksi dengan lingkungan virtual. Seperti game-game simulasi binatang digunakan untuk menjelaskan hubungan binatang dan ekosistemnya. Dia melihat menggunakan game sangat bermanfaat, siswa-siswinya lebih tertarik kepada mater pembelajaran, mereka juga lebih fokus dalam mempelajari topik game yang mereka mainkan. 

 

Namun sekarang dia jauh lebih mengandalkan board games, konsiderasi kenapa dia memilih board games juga menarik. Menurut dia anak-anak jaman sekarang sudah terlalu terhipnotis dengan monitor digital.

Boardgames memberikan segala interaksi sosial yang sangat penting untuk perkembangan dan pendidikan siswa-siswi nya. Dengan menggunakan board games dia memastikan siswa-siswi nya aktif berdiskusi, berdebat, mendengarkan, melakukan observasi sosial, dan segala hal lain nya yang sekarang sudah berkurang karena digital gadgets.

 

Sekarang dia sering menggunakan games yang bisa cepat di ajarkan di kelas, dan memberikan waktu bermain yang lebih banyak. Sebagai guru sains, dia telah menggunakan VIRUS! Sebuah card game dimana pemain harus membangun imun tubuh yang kuat, dan menggunakan kartu virus untuk menginfeksi organ tubuh pemain lawan. Atau Pandemic, board games dimana pemain berperan sebagai ekspert-ekspert yang ditugaskan untuk mencegah dan menangani pandemic. Dan game favorit nya sekarang adalah Linkage game yang sangat simple dan efisien untuk mengajarkan molekul DNA

 

Di podcast ini Rodger More juga memberikan banyak tips-tips untuk guru yang penasaran dengan Game based learning, secara ringkas ini tips nya;

 

  • Effort dan niatan baik untuk mencoba games di kelas akan sangat dihargai oleh siswa-siswi di kelas
  • Tidak semua games yang digunakan harus yang educational. Malah terkadang educational game terlalu memaksakan topik akademis, sementara banyak games seru lainnya yang bisa mengajarkan banyak hal 
  • Banyak lah mencoba dan belajar dari pengalaman. Menurutnya coba gunakan games yang nyaman untuk kita, dan kita yakin bahwa gamenya bisa memberikan banyak nilai positif untuk pemain.
  • Gunakan excitement dan energi di kelas saat bermain untuk hal yang positif, ini saat terbaik untuk mengajarkan siswa-siswi tanggung jawab
  • Gunakan pertanyaan untuk menggali pelajaran dari sesi bermain. Jangan beri tahu jawaban jika mereka tidak tahu, namun gunakan pertanyaan yang mengarahkan mereka kepada jawabanya
  • Buatlah database untuk gaming lesson plan, share dengan guru-guru lain dan ajak mereka untuk membuat gaming lesson plan juga.
  • Jangan khawatir jika tidak semua siswa suka, kita tidak akan bisa membuat seluruh kelas enjoy, engage, dan belajar.
  • Yang terakhir menurut dia gunakan games yang simple, dan coba modifikasi agar game nya lebih simple lagi.

 

Nah ayo belajar lebih banyak lagi visit: https://www.boardgamingwitheducation.com/category/podcast/ 

Episode-episode lainnya juga informatif lho!