Akhirnya Ada Kabar Soal Kelanjutan Program Nusantara Bermain Bermakna

Persiapan utama  untuk pelaksanaan Nusantara Bermain Bermakna (NBB) sudah selesai, seperti setiap modul sudah selesai melalui proses pemeriksaan kualitas, sudah tercetak, dan siap kirim. Meskipun tim Ludenara sudah sangat ingin melaksanakannya, hingga di minggu terakhir bulan lalu Ludenara belum mendapatkan lampu hijau untuk pelaksanaan dari Kementrian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek).

Sambil menunggu konfirmasi ini, tim Ludenara pun berinisiatif untuk mematangkan semua persiapan lainnya, khususnya bimbingan teknis untuk setiap tim daerah. Tim Ludenara lakukan ini secara tidak langsung setiap hari, yaitu dengan membagikan materi-materi modul secara singkat melalui Telegram, dan meeting daring secara langsung setiap hari Rabu untuk berdiskusi lebih mendalam. 

Dengan ini kami optimis setiap anggota tim Ludenara siap untuk membantu Bapak/Ibu Guru peserta mengenai semua hal yang berhubungan dengan Game Based Learning, maupun Game Desain.

Kami pun juga berinisiatif membagikan salah satu modul secara luas kepada para peserta, yaitu modul podcast yang berisi oborolan-oborolan santai bersama para pendidk yang sudah berhasil menerapkan Game Based Learning dan memiliki cerita-cerita asik yang bisa menginspirasi teman-teman pengajar lainnya.

Episode podcast pertama yang Ludenara rilis berisi cerita menarik dari Pak Edy, kepala sekolah SDIK Mutiara Anak Sholeh di Sidoarjo. Di episode ini Pak Edy bercerita mengenai mengapa penting sebuah sekolah bukan saja tempat belajar serius yang mungkin membuat suasana belajar lebih banyak stresnya. Menurutnya anak-anak harus nyaman di sekolah dan bahkan harus senang di sekolah agar terus semangat untuk berangkat kesekolah dan termotivasi untuk belajar agar proses belajar itu sendiri menjadi lebih efektif.

Cerita ini sangat menarik, dan menurut tim Ludenara sangat penting bagi setiap pihak yang bisa berperan dalam membuat belajar lebih nyaman, menyenangkan dan efektif bagi anak-anak kita semua. Silakan klick link di bawah untuk menonton episode penuhnya ya.

https://anchor.fm/ludere-nusantara

Selain persiapan, kita juga akhirnya mendapatkan konfirmasi dari Kemdikbudristek mengenai kelanjutan program ini. Pada tanggal 23 Februari, Mbak Augy merepresentasikan Ludenara untuk hadir dalam acara Sosialisasi Regulasi Program Organisasi Penggerak di Jakarta.

Pertama tim Ludenara senang telah mendapatkan konfirmasi bahwa pelaksanaan program akan dilakukan dari April hingga November 2022, tetapi sayangnya ada regulasi yang membuat pelaksanaan program ini menjadi menantang. Anggaran pendidikan yang akan dikelola Kemendikbudristek mengalami penurunan, dan program yang paling terdampak adalah Program Organisasi Penggerak (POP).

Dengan adanya ketentuan ini, tim Ludenara, semua partner, dan para peserta Guru dan Kepala sekolah harus bisa melakukan perencanaan ulang agar program ini tetap bisa berjalan dengan lancar, dan memberi dampak yang baik. Di awal rencana Ludenara memang tim Ludenara sudah meletakan harapan yang besar untuk program ini, dan menyusun kembali harapan tim Ludenara ini mungkin jadi salah satu hal yang harus diperjuangkan bersama.

Ada hal yang paling penting untuk dipahami bersama, bahwa tim Ludenara ingin tidak ada pihak yang kecewa dan merasa dirugikan. Karena dengan ada kabar ini tim Ludenara meningkatkan upaya kami, dan berjuang dengan kemampuan kami sepenuhnya, agar program ini tetap bisa berjalan dengan baik.

Segenap tim Ludenara pun jugai ingin berterima kasih untuk semua Bapak/Ibu Guru yang sudah bersabar menunggu pelaksanaan program ini, untuk Kemdikbudristek dan para partner Ludenara yang juga sedang berjuang melewati tantang ini, dan untuk teman-teman Ludenara lainnya yang selalu senantiasa mendoakan yang terbaik untuk Ludenara, sekali lagi terima kasih!