Mendesain game berbasis quiz memang sangat mudah, lebih mudah lagi, memodifikasi game yang ada dengan menambahkan soal-soal untuk dijawab, tapi apakah game-game ini sepenuhnya memberi manfaat game-based learning?
Sayangnya tidak sepenuhnya, jika kita lihat manfaat-manfaat game-based learning, ada beberapa keunggulannya yang sangat penting untuk meningkatkan kualitas pembelajaran siswa-siswi, namun tidak bisa didapatkan dari game-game quiz.
Seperti melatih keterampilan abad 21, meningkatkan ketertarikan mereka terhadap materi, membantu, dan memperdalam pemahaman.
Hal-hal ini bisa dicapai oleh game-based learning jika game-game tersebut berdasarkan experiential learning, dimana mereka bisa belajar dari pengalaman bermain mereka.
Sementar game berbasis quiz yang dipenuhi oleh soal-soal sebenarnya sama dengan mengerjakan soal-soal biasa namun ditambahkan elemen-elemen game yang memang iya meningkatkan motivasi dan keterlibatan, namun bukan pemahaman.
Lalu bagaimana kita bisa mendesain board game berbasis experiential learning dengan mudah?
Dengan AI dong, tapi tidak semudah itu juga, jika kita menggunakan ChatGPT, Chatsonic, atau gomoonbeam.com untuk mendesain seubah board game, kemungkinan besar game pertama yang mereka desain adalah game-game quiz yang berisi dengan soal-soal sebagai tantangan dalam game.
Tuh kan, AI aja kalo bikin game yang pertama keluar adalah quiz.
Nah tapi untungnya dengan mudah kita bisa meminta mereka untuk merevisi gamenya dengan menggunakan keyword “game yang menghadirkan experiential learning” dan bisa mereka membuat game yang berbasis experiential learning. Tentu saran-saran dari AI ini harus kita kritisi dulu, dan modifikasi lagi agar lebih cocok dengan apa yang kita inginkan.
Game berbasis experiential learning akan memberikan kesempatan siswa-siswi untuk aktif bereksperimen, mendapatkan pengalaman nyata, dan kesempatan untuk mengamati dan merefleksikan pengalamanya,.
Game-game seperti ini lah yang bisa meningkatkan kualitas pendidikan dengan memberi siswa-siswi kesempatan untuk bereksperimen langsung dengan materi pembelajarannya, dan memberi ruang mereka untuk melatih keterampilan abad 21.
Selamat mencoba teman-teman!