Belajar konservasi laut seasik bermain!

Gili Trawangan Photo by Adrian Jakob on Unsplash

Laut kita adalah bagian yang sangat penting bagi ekosistem planet Bumi, contoh nya saja terumbu karang menghasilkan 50% oksigen dunia! Selain itu tentu masih ada alasan-alasan lain yang jika kita pelajari ternyata sangat berdampak kepada kehidupan kita sehari-hari.

Sayangnya, laut kita sangat terancam bahaya dari perilaku manusia. Seperti overfishing, polusi laut.

Untuk ini lah kenapa kita harus menyediakan pendidikan konservasi laut kepada anak-anak agar mereka bisa mengenali masalah ini, dan mencoba mencegah nya. Dengan tujuan ini CTC dan Ludenara bekerja sama untuk menginisiasi pelatihan guru akan pendidikan konservasi laut.

Di tanggal 6 Februari, lebih dari 40 ikut serta dalam program belajar konservasi laut seasik bermain. Di awal program ini peserta dikenalkan akan permasalahan laut ini dan pentingnya konservasi oleh Mas Boy Mochran Specialist Training CTC, tentu Mas Boy juga mengenalkan organisasi CTC dan misi konservasi laut nya.

Sesi pengenalan ini di lanjut oleh Mas Eko. Selian mengenalkan organisasi Ludenara, para peserta juga dikenalkan oleh pentingnya bermain sebagai proses belajar. Karena sebenarnya cara belajar paling baik adalah yang playful, apalagi jika kita mau mengajarkan konservasi laut kepada anak-anak.

Setelah itu mulai deh bagian seru nya! Bersama dengan Mbak Hernie Hastutie para peserta belajar mengajar dengan membuat koral dengan tanah liat. Dengan pendekatan belajar ini anak-anak akan lebih cepat mengenali dan menghafal koral-koral yang ada, dan tentu membuat koral dari tanah liat ini aktivitas yang seru buat anak-anak. Selama proses ini pendidik juga bisa menceritakan tentang fungsi setiap koral dalam ekosistem nya.

Di sesi akhir Mbak Augy mengajarkan para peserta untuk mengadakan sesi pembelajaran interaktif via Zoom. Dengan berbagai macam fitur zoom Mbak Augy menunjukan kita bahwa ternyata bisa lho kita bikin game yang simple tapi seru dan edukatif!

Nah buat yang kelewatan tanggal 20-21 Februari nanti kita ada workshop lagi!

Kali ini tentu kita akan membahas lebih detail lagi tentang pembelajaran seru tentang konservasi laut! 

Ayo ikutan yuk daftar di sini ya:

bit.ly/BelajarAsikKLWS⠀