Meningkatkan Kualitas Pendidikan Indonesia Bersama Ludenara

Kebutuhan untuk peningkatan kualitas pendidikan adalah suatu hal yang tentu semua orang bisa setujui.

Kita bisa setuju akan ini dari pengukuran objektif seperti melihat assessment kualitas pendidikan negara seperti PISA yang menunjukkan bahwa hasil pendidikan kita kurang memuaskan. Selain itu secara subjektif, setiap orang yang terlibat di dunia pendidikan secara langsung maupun tidak pasti merasa banyak hal dari sistem pendidikan kita yang bisa diperbaiki atau bahkan dirubah.

Di luar konteks pendidikan formal, kami sadar setiap anak adalah individu yang hebat dan penuh potensi. Setiap anak memiliki minat, kelebihan, keterampilan, dan bakat sendiri-sendiri. 

Ludenara pun ingin membantu setiap anak agar mereka bisa meraih potensi terbaik diri nya sendiri, sesuai dengan individualitas setiap anak agar mereka bisa berkontribusi kepada masyarakat secara maksimal.

Ini mengapa kita sangat sering mengadvokasikan bermain sebagai aktivitas yang penting! Karena ternyata, bermain adalah awal yang baik dari perjalanan menuju diri terbaik setiap anak. Untuk informasi tentang ini kami rekomendasi aritkel ini yang membahas beberapa karakteristik dari aktivitas bermain yang membuat aktivitas ini sangat powerful

Meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia mulai dari mana?

Membang ini pertanyaan yang berat, mungkin kita bisa mulai dari pendapat para ekspert dan organisasi-organisasi multinasional yang sudah mendalami dan meneliti topik ini seperti Bank Dunia yang sudah memberi rekomendasi peningkatan kualitas Indonesia, atau melihat UNICEF SDG yang juga menjadi salah satu patokan Kementerian PPN

Mengikuti rekomendasi-rekomendasi ini jelas akan membawa banyak hal baik, dan sudah banyak organisasi yang melakukan nya. Ludenara pun mempelajari rekomendasi-rekomendasi ini dan mencoba mengerjakannya sesuai kemampuan dan cara kita.

Namun menurut kami ada hal yang lebih urgen yang membutuhkan perhatian khusus dari kita karena memang belum banyak yang bergerak kearah ini. Yaitu membuat proses pembelajaran menjadi menyenangkan.

Kita butuh mengubah mindset anak-anak sehingga belajar menjadi suatu aktivitas yang di nanti-nanti, dimana mereka bisa bersenang-senang sambil menambah ilmu dan keterampilan. Anak-anka harus tahu bahwa mata-mata pelajaran itu penuh dengan ilmu yang sangat menarik sehingga mereka tidak sabar untuk mempelajari lebih dalam lagi. 

Ini sumber dari semangat semangat belajar yang tidak mudah pudar.

Kemampuan menumbuhkan dan memaksimalkan semangat belajar ini lah yang kita percaya sebagai pondasi kualitas pendidikan yang baik. Semangat yang akan terus mendorong mereka untuk belajar meskipun fasilitas atau kondisi lingkungan kurang memadai, semangat yang akan mendorong kreativitas mereka untuk mencari cara belajar lain, atau bahkan mencari hal lain yang bisa dipelajari. 

Kita menginginkan semangat belajar ini selalu ada hingga di masa depan anak-anak kita, dengan itu mereka akan terus menerus meningkatkan kualitas individual mereka sepanjang umur nya sebagai life-long playful learner.

Hal ini dirangkum dengan mudah sebagai 4E (Enjoy-Easy-Expert-Earn) oleh salah satu guru kami Abah Rama.

Sederhana nya yang dimaksud dengan Enjoy-Easy-Expert-Earn adalah, dengan memulai dengan enjoyment proses pembelajaran akan mempermudah anak-anak untuk menjadi expert yang produktif dan bisa bermanfaat bagi lingkungan.

Apa saja yang sudah Ludenara lakukan untuk menghadirkan proses pembelajaran seasik bermain kepada anak-anak Indonesia?

Hingga saat ini, Ludenara telah bekerja sama dengan 1000+ guru melalui beberapa program kami seperti Kelas Game Based Learning, dimana teman-teman Guru dan Orang Tua belajar menerapkan protokol Game Based Learning, yang dapat membuat semua proses bermain dengan game apapun menjadi aktivitas yang edukatif.

Ada juga kelas Game Design, dimana kita melakukan proses mentoring kepada teman-teman Guru dan Orang Tua agar mereka dapat merancang board game, yang sesuai dengan kebutuhan mengajar setiap Guru dan Orang Tua.

Selain itu juga banyak program lain dimana kita bekerjasama dengan organisasi-organisasi yang memiliki nilai dan cara pandang yang sama mengenai pendidikan Indonesia.

Salah satu nya dengan BAZNAS dimana kita mendatangi tempat-tempat rawan bencana seperti Lombok dan Palu untuk melaksanakan program pelatihan mitigasi bencana bersama Guru-guru di sana. 

Di program ini kami menggunakan game SIAGA!, dimana game ini mengajak pemain berperan sebagai tim tanggap bencana yang harus melatih para penduduk mengenai mitigasi bencana, mengedukasi mereka mengenai mencari informasi yang benar mengenai bencana alam di daerah setiap warga, menyiapkan bantuan berupa barang atau jasa, dan membangun rasa gotong royong untuk membangun ulang pasca bencana.

Coral Triangle Center (CTC) juga merupakan salah satu partner yang rutin bekerja sama dengan kami. Dengan CTC kami menyediakan pelatihan edukator agar mereka bisa mengajarkan konservasi perairan dengan cara yang menyenangkan. Hal ini kita kerjakan karena kesadaran akan besar nya peran ekosistem perairan dalam menjaga keseimbangan iklim planet bumi, serta pentingnya ekosistem-ekosistem ini dalam menjaga kesejahteraan masyarakat secara luas.

Dengan bantuan teman-teman semakin banyak Anak-anak di Indonesia akan merasakan senang nya belajar!

Tentu kami sangat bersyukur Tuhan yang maha Esa telah mengizinkan kami untuk berdiri dan berkarya, telah memberkati kami untuk terus berkembang, dan telah mempertemukan kami dengna semua teman-teman Guru dan Orang tua yang luar biasa!

Kami juga bersyukur sejauh ini kami mendapatkan support dari partner-partner, teman-teman Guru, dan Orang tua yang telah bekerja sama dengan kami.

Kita sadar bahwa kita tidak bisa melakukan semua ini kami membutuhkan support dari teman-teman yang memiliki visi yang sama, teman-teman yang merasa iya pendidikan Indonesia bisa dibantu dengan menyediakan pembelajaran yang lebih menyenangkan bagi setiap Anak.

Untuk itu Ludenara sedang melaksanakan program donasi, selain berdonasi teman-teman juga akan mendapatkan buku “Bisakah Belajar Seasik Bermain”. Buku ini adalah karya oleh Mas Eko, Mas Wicak, dan Mas Reza dimana mereka mengeksplorasi tahap awal yang harus kita lakukan bagi setiap Guru dan Orang tua yang ingin menghadirkan pembelajaran yang seasik bermain untuk Anak-anak nya di rumah maupun di sekolah.

Kami mohon bantuan nya dari siapa pun yang berkenan membantu.

Nah untuk yang ingin membantu kami, silahkan tekan d ini bit.ly/donasi_ASIK

Terimakasih, terimakasih, dan terimakasih…