AGTS X Ludenara: Membuat Belajar Menyenangkan dan Bermakna untuk Semua!

AGTS X Ludenara Day 1

Kami sangat senang berbagi kabar terbaru dari kolaborasi kami dengan Anahasta, sebuah NGO luar biasa lainnya yang berdedikasi untuk menyediakan pendidikan berkualitas bagi semua. Bersama-sama, kami meluncurkan program “Anahasta Goes To Street X Ludenara” (AGTS X Ludenara), dan ini benar-benar menyenangkan!

Perjalanan Sejauh Ini

Workshop Game-based Learning

Petualangan kami dimulai dengan workshop game-based learning (GBL) selama dua hari. Ludenara dengan senang hati membimbing para pendidik Anahasta dalam merancang permainan yang menyenangkan dan menarik yang tidak hanya menghibur tetapi juga memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi anak-anak.

Pelatihan Pelatih

Selanjutnya, Anahasta mengambil alih dengan sesi Pelatihan Pelatih (ToT), menyebarkan sihir GBL yang mereka pelajari dari kami ke rekan-rekan pendidik mereka. psemua tentang berbagi kebahagiaan belajar dan memastikan setiap pendidik siap untuk membuat perbedaan!

Hari Pertama AGTS X Ludenara

Hari besar akhirnya tiba, dan kegembiraan terasa di mana-mana! Kami membagi anak-anak menjadi tiga kelompok berdasarkan kelas mereka:

  • Kelompok 1: Kelas 1-2
  • Kelompok 2: Kelas 3-4
  • Kelompok 3: Kelas 5-6

Setiap kelompok memulai perjalanan GBL yang unik, dengan permainan yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan belajar mereka. Dan tebak apa? Semua kelompok berfokus pada matematika, mengubah angka dan persamaan menjadi petualangan yang mendebarkan!

Belajar Melalui Eksperimen

Tapi kesenangan tidak berhenti di situ! Semua kelompok berkumpul untuk sesi pembelajaran eksperimental tentang sampah organik dan anorganik. Mereka memasukkan berbagai jenis sampah ke dalam kantong kompos dan akan mengamati apa yang terjadi minggu depan. Ini adalah ilmu dalam aksi, dan anak-anak sangat bersemangat dengan rasa ingin tahu mereka!

Hasilnya Sudah Ada!

Kami tidak hanya bersenang-senang; kami juga mengukur dampaknya, dan hasilnya luar biasa!

Motivasi

  • GBL vs. Metode Konvensional: Motivasi meningkat sebesar 22,4% selama GBL.
  • Eksperimen vs. Metode Konvensional: Motivasi melonjak sebesar 20,3% selama eksperimen.
  • GBL vs. Eksperimen: GBL tetap unggul dengan tingkat motivasi yang lebih tinggi sebesar 2,6%.

Fokus

  • GBL vs. Metode Konvensional: Fokus meningkat sebesar 17,6% selama GBL.
  • Eksperimen vs. Metode Konvensional: Fokus meningkat sebesar 6,6% selama eksperimen.
  • GBL vs. Eksperimen: GBL menghasilkan tingkat fokus yang lebih tinggi sebesar 12%.

Kebahagiaan Siswa

Bagian favorit kami? Mendengar dari anak-anak sendiri!

  • 89% siswa mengatakan mereka senang dengan proses belajar di AGTS.
  • 78% sangat senang.
  • 11% senang.

Pendekatan yang Seimbang

Analisis data kami menunjukkan bahwa sementara GBL secara signifikan meningkatkan motivasi dan fokus, ini bukan berarti metode terbaik untuk semua aspek pembelajaran. Kami masih memproses data kualitatif, dan satu wawasan penting telah muncul: rasa ingin tahu, keterampilan abad ke-21 yang vital, secara nyata berkembang selama sesi pembelajaran eksperimental.

Ini menyoroti pentingnya menyeimbangkan berbagai pendekatan pembelajaran. GBL sangat baik untuk meningkatkan keterlibatan dan konsentrasi, sementara pembelajaran eksperimental memupuk rasa ingin tahu.

Proyek Sukses Sebelumnya

Ludenara juga memiliki pengalaman sukses dengan proyek sebelumnya bersama LEGO, di mana kami mengintegrasikan GBL untuk menciptakan lingkungan belajar yang menyenangkan dan efektif. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang proyek tersebut, klik di sini.

Kesenangan Berlanjut!

Kami sangat bangga dengan kemajuan sejauh ini dan tidak sabar untuk melihat apa yang akan dibawa oleh fase-fase berikutnya dari program ini. Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Anahasta atas kerja sama yang luar biasa, dan kepada semua pendidik dan anak-anak yang mengikuti perjalanan ini dengan hati terbuka dan pikiran yang penasaran.

Tetap ikuti perkembangan terbaru dan terus sebarkan kebahagiaan belajar bersama kami!