Di tanggal 8 dan 10 Februari 2022, Ludenara berkesempatan untuk mengisi materi untuk pembekalan Kampus Menajar angkatan 3. Sesi kita yang dihadiri oleh lebih dari 3000 mahasiswa kami optimis ini akan menghadirkan banyak hal baik!
Diwakili oleh Mas Eko Nugroho dan Mbak Aughya Shandriasti, Ludenara diberi tanggung jawab untuk mengisi materi tentang pembelajaran numerasi, dan khususnya model pembelajaran numerasi yang menyenangkan!
Pada hari pertama Mas Eko menggunakan kesempatan ini untuk memberi pandangan tentang betapa pentingnya kita berinovasi dibidang pendidikan karena banyaknya tantangan yang kita hadapi. Seperti distrupsi yang membuat masa depan makin sulit diprediksi, dan kemampuan literasi, dan berkreasi kita yang juga masih jauh dari maksimal.
Dengan inovasi metode pendidikan, khususnya yang membuat belajar lebih menyenangkan dan mudah sangat penting untuk meningkatkan kualitas siswa-siswi kita sebagai pelajar yang terus ingin belajar agar tetap relevan didunia yang terus berubah.
Mas Eko juga menekankan bahwa pembelajaran yang menyenagkan ini penting bukan hanya untuk numearsi, tapi juga untuk pembelajaran STEAM (science, technology, engineering, art, math). Dan cara yang mudah untuk membuat pelajar STEAM menjadi menyenangkan adalah menggunakan games. Di artikel Ludenara sebelum ini kita juga menyediakan berberapa contoh game gratis sederhana yang bisa menghadirkan ini.
Setelah ada pemahaman mendalam tentang pentingnya membuat pelajaran menyenangkan, khususnya untuk STEAM sesi Ludenara di tanggal 10 February, Mabk Aughy melanjutkan topik ini dengan memberikan banyak sekali contoh model pembelajaran numerasi yang menyenangkan.
Dari memodifikasi game-game seperti ular tanggan dan congklak, hingga membuat semsta kelas yang sperti game dengan metode gamifikasi. Yaitu menyediakan narasi, teknologi, interaksi, dan kreasi dalam proses pembelajaran.
Kami dari Ludenara sangat berterimakasih untuk kesempatan berbagi dalam pembekalan Kampus Merdeka. Kami yakin, materi kita mengenai pentingnya metode pembelajaran yang menyenangkan akan sangat bermanfaat bagi teman-teman muda calon guru. Dengan banyaknya anak-anak muda yang mampu menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan kami yakin makin banyak juga siswa-siswi di Indonesia yang senang belajar, dan ini lah landasan di mana kualitas siswa-siswi kita akan melesat!