Game Schooling The Festivals, 11 Juli

 

Day-2 Game School Festivals

 

Pembukaan-Briefing

  1. Ibu Augy memberi pembukaan dengan Ice breaking kecil sehingga suasana menjadi cair
  2. Briefing, Ibu Augy menjelaskan secara garis besar mengenai beragam budaya-budaya Indonesia serta board game Festival sebagai game yang mengeksplorasi festival-festival yang dilaksanakan di setiap budaya.

   

Playing

Anak-anak dibagi menjadi 2 kelompok dengan Ibu Augy dan Ibu Novie menjadi fasilitator setiap kelompok. Masing-masing fasilitator melajutan dan menambahkan narasi mengenai Festivals, anak-anak dijelaskan bahwa mereka berperan sebagai seorang penjelajah yang ingin belajar tentang semua budaya Indonesia.

Dengan cepat anak-anak menangkap peraturan dan langsung asik bermain.

Berikut adalah beberapa keterampilan yang muncul dan di latih oleh murid-murid game schooling

1. Cultural Literacy 

Game ini menunjukan betapa luasnya Indonesia, dan lebih kerennya lagi betapa banyak nya ragam budaya. Setiap festival juga menunjukan bahwa kita memiliki beragam kepercayaan, tradisi, dan cara hidup. Dari sini murid melihat meskipun kita sangat berbeda, namun kita semua bisa hidup dengan damai dan saling bekerja sama untuk meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia.

2. Character Qualities.

Game ini sangat sering mengasah adaptability, dengan tujuan mencapai sebuah festival pertama (untuk mendapatkan nilai tertinggi) seringkali murid harus merubah jalur pernerbangan mereka saat mereka gagal memprediksi jalur lawan. Curiosity juga sangat terbangun, dari melihat kartu-kartu festival yang sangat menarik, murid-murid pun dengan senang hati mencari tahu lebih dalam tentang setiap festival atau budaya. Dengan mekanisme game ini yang mengharuskan kita

3. Competencies

Dari game ini murid-murid bisa melihat bahwa problem-solving tidak hanya mengidentifikasi dan analisis situasi namun juga melihat jangka panjang. Setiap aksi ada harganya lalu untuk jadi untuk menang setiap murid harus bisa membuat rencana.

 

Debrief-Presentation

Debrief

Untuk debrief di hari ke-2 ini Ibu Augy mengadakan quiz dimana setiap kelompok berlomba menjawab.          Pertanyaan-pertanyaan di quiz ini digunakan untuk mengukur pemahaman anak tentang apa yang mereka pelajari dari bermain seperti;

Festival ini diadakan oleh budaya apa? Atau budaya ini berasal dari pulau apa? Festival apa yang ada kudanya? Dan lainnya.

Terlihat sangat asyik ketika murid-murid berlomba menjawab, dan juga terlihat bahwa tidak sedikit yang mereka pelajari

 

Setelah itu mereka menggambarkan tentang festival dan budaya yang mereka ingin kunjungi. Dari sini terbangunlah rasa ingin tahu dan ingin mengenali budaya lain selain budaya mereka sendiri. Murid-murid akan melihat sendiri keberagaman budaya Indonesia yang sangat berbeda-beda namun tetap bisa hidup dan bekerja bersama di dalam Satu Indonesia. Dari hal ini kita berharap rasa“Bhineka Tunggal Ika” yang sungguh dapat membuat Indonesia damai dan makmur, terbangun.